Kamis, 02 Maret 2017

Pengenalan Tentang Model Baju Batik Atasan dan Bawahan

Nelson Mandela sering dipandang berbaju rumit bermotif dengan warna yang hidup. Kebanyakan orang mungkin menganggap model baju batik atasan dan bawahan adalah desain suku menggunakan metode Afrika kuno pencelupan kain. Pada kenyataannya, kemeja Mandela bangga olahraga memiliki asal-usul mereka setengah jalan di seluruh dunia, di Kepulauan Nusantara, dimana kain dikenal sebagai batik. Tradisi memproduksi kain batik dibawa ke Afrika Selatan oleh Jawa buruh paksa diangkut oleh perusahaan India Timur Belanda untuk Western Cape. Kaos Madiba (dinamai Mandela klan nama) menyesuaikan batik tradisional yang menggunakan Afrika warna dan motif dan menunjukkan dengan fleksibilitas dan daya tarik yang luas.

Memang contoh model baju batik terbaru adalah mungkin yang paling terkenal metode menolak pencelupan kain. Menolak pencelupan melibatkan menerapkan suatu zat yang berhenti pewarna dari mencapai bagian-bagian tertentu dari kain untuk menciptakan sebuah pola. Metode ini dapat memakai lilin (seperti batik Jawa), beras paste (Jepang tsutsugaki) atau dapat mengikat dari bagian kain ('tie-dye' atau India bandhani). Di sebagian besar Asia Tenggara, lilin diterapkan menggunakan cerat tembaga yang memungkinkan pengrajin untuk menciptakan contoh rumit dan berbeda-beda lebar garis. Daerah-daerah baru wax dapat diterapkan dan kain yang biasanya katun ataupun sutra, bisa kembali dicelup memungkinkan untuk kompleksitas yang lebih besar dalam desain dan warna. Setelah model dan pewarnaan selesai lilin dibersihkan & kain siap untuk digunakan. Metode-metode tradisional ini menciptakan batik sangat memakan waktu dan memerlukan tingkat tinggi keahlian sehingga berbagai perangkat hemat tenaga kerja yang telah diperkenalkan untuk proses termasuk kuas untuk wax dan perangko tembaga yang berlaku lilin. Setiap tangan-diproduksi batik memakan waktu lama dan bisa sangat mahal, begitu banyak kain modern batik yang sebenarnya menggambar cetak, mempertahankan pola serta warna batik tapi tanpa menggunakan wax sekarat teknik.

Ada tradisi membatik dalam banyak bagian dari Asia Tenggara, khususnya di Indonesia dan Malaysia, masing-masing dengan berbagai rancangan, warna, dan pengaruh budaya. Mungkin yang paling terkenal dan berpengaruh namun ialah model baju batik wanita, khususnya yang berasal dari kota kerajaan Yogyakarta dan Solo. Batik itu sering dihasilkan dalam warna hitam, coklat, indigo & berwarna kuning, tradisional memakai pola mewakili cerita, tradisi, dan alam, dan adalah besar penting budaya Jawa. Kain menggambar dipakai di pesta pernikahan, pemakaman, untuk membawa bayi, dan merupakan bagian integral tradisi akal budi Jawa seperti menari serta pedalangan. Menggambar pengaruh diperlukan memiliki pikiran hidup Nusantara telah diakui oleh UNESCO yang dalam tahun 2009 menyatakan batik Indonesia sebagai bagian daripada warisan budaya tak berwujud kemanusiaan: tradisi hidup, akal budi, berhubungan erat dengan masyarakat setempat. UNESCO mengakui menggambar Indonesia sebagai kerajinan '... intertwined secara identitas pikiran masyarakat Indonesia dan, melalui makna simbolis dari warna dan desain, mengekspresikan kreativitas dan spiritualitas.

Di zaman modern Nusantara, batik sudah menjadi potongan modis dan populer dari kehidupan budaya, penting untuk ekonomi kreatif, draw penting bagi wisatawan, dan aspek kunci daripada identitas nasional. Pramugari maskapai penerbangan nasional Indonesia Garuda memakai baju batik kantor cetak sebagai bagian dari seragam, sebagaimana yang daripada pembawa Nasional Singapura & Malaysia. Muda, orang-orang fashion-sadar semakin beralih ke kemeja batik, gaun dan syal untuk pakaian kasual, menggambar semakin populer untuk sejumlah acara-acara sosial seperti pernikahan, serta mempertahankan kepentingan upacara-upacara adat, serta batik membuat jalan ke kucing berjalan dan toko-toko desainer fashion internasional atas. Ini juga semakin ternama di seluruh dunia, dan digunakan untuk tujuan dekoratif, perabotan, taplak meja, & sebagai media untuk lukisan dan karya seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.